Senin, 14 Januari 2013

Rahasia Awet Muda dan Tetap Sehat



Semua orang ingin mengetahui rahasia awet muda. Penuaan adalah sebuah fenomena yang dihadapi setiap manusia dan itulah sebabnya semua orang ingin tahu bagaimana terlihat lebih muda. Ada perbedaan pemikiran tentang penyebab penuaan, tapi dalam kata-kata sederhana, itu adalah kombinasi dari perubahan fisiologis dan dampak dari lingkungan pada tubuh kita.

Penuaan terjadi pada tingkat yang berbeda seperti selular dan hormonal. Ada berbagai faktor yang berperan dalam proses penuaan antara lain genetika dan gaya hidup. Seiring dengan bertambahnya usia, kita mengalami banyak perubahan dalam tubuh dan pikiran. Fungsi tubuh kita berhenti bekerja secara efektif seperti sebelumnya. Kita menjadi lebih rentan terhadap berbagai penyakit dan otak kita mulai bekerja kurang efisien. Penuaan tidak dapat dihentikan tetapi ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk memperlambat proses ini.
Rahasia Awet Muda – Diet Anti Aging
Berikut adalah rahasia awet muda dan tetap sehat untuk jangka waktu yang lama:

Ada beberapa metode anti penuaan alami tapi tidak ada yang bekerja lebih baik daripada mengambil diet sehat dan seimbang untuk memperlambat proses penuaan dan beberapa makanan yang sangat bermanfaat untuk tujuan ini, antara lain:

Bawang Putih

Manfaat kesehatan dari bawang putih hampir tak terhitung jumlahnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan rutin bawang putih bisa mencegah tubuh kita dari penyakit mematikan berbagai seperti serangan jantung dan kanker. Hal ini juga dapat membantu dalam mengurangi rasio kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh kita dan dengan demikian memperlambat proses penuaan. Ini adalah salah satu rahasia awet muda paling efektif.

Kacang

Salah satu rahasia atas anti penuaan adalah bahwa kacang harus menjadi bagian dari diet harian kita karena mereka dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh kita dan membuat fungsi pencernaan sistem kami lebih efisien. Meskipun kacang tinggi kalori tetapi mereka adalah sumber yang sangat baik dari vitamin dan mineral yang berbeda yang dapat meningkatkan harapan hidup kita.

Minyak Zaitun (Olive Oil)

Selama berabad-abad, minyak zaitun dianggap sangat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Minyak zaitun adalah salah satu produk terbaik anti penuaan alami karena mengandung lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Seperti halnya bawang putih, minyak zaitun dapat membantu kita melawan penyakit jantung dan kanker usus besar. Minyak zaitun konon merupakan rahasia awet muda bagi para bangsawan Mesir.

Mengurangi Garam dan Gula

Penggunaan yang berlebihan gula dan garam dalam diet Anda dengan mudah dapat membuat Anda lebih berat yang dengan sendirinya merupakan penyebab banyak penyakit lainnya seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Menjaga asupan garam Anda adalah salah satu rahasia anti penuaan yang akan membantu Anda tetap muda karena sebagian besar makanan yang kita makan secara alami mengandung garam yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari kita. Gunakan rempah-rempah lain, bukan garam untuk membawa rasa dalam makanan Anda.

Sebagian besar asupan gula Anda harus datang dari sumber alami seperti buah-buahan dan menghindari penggunaan pemanis buatan karena mereka berbahaya bagi kesehatan Anda. Makanan kaya gula meningkatkan rasio glukosa dalam darah kita dan dengan demikian meningkatkan lemak tubuh kita sehingga salah satu tips terbaik anti aging adalah untuk menghindari asupan gula sebanyak mungkin.

Meningkatkan Konsumsi Antioksidan

Penelitian telah menunjukkan bahwa radikal bebas (atom atau molekul yang dapat berbahaya bagi sel-sel tubuh kita jika mereka datang dalam kontak dengan DNA atau membran sel) adalah penyebab utama penuaan dan penyakit usia terkait dan berbagai penggunaan antioksidan mencegah kita dari bahaya radikal bebas. Antioksidan seperti vitamin E, C dan selenium memperlambat proses penuaan dan menyapu radikal bebas sebelum mereka dapat melakukan kerusakan yang signifikan untuk tubuh kita. Antioksidan adalah wajib di dalam diet Anda untuk terlihat lebih muda. Makanan kaya antioksidan termasuk buah, tomat, teh hijau dan kedelai.

Meningkatkan Konsumsi Kalsium

Tulang kita mulai kehilangan ketebalan mereka setelah usia 40 dan sangat penting terutama bagi wanita untuk mengkonsumsi makanan yang kaya kalsium dalam rangka untuk memperlambat proses ini. Makanan kaya kalsium seperti produk susu memiliki berbagai manfaat lainnya seperti menurunkan tekanan darah, meningkatkan suasana hati pramenstruasi dan memperkuat gigi kita. Para ahli menyarankan bahwa pria dan wanitas dewasa harus mengkonsumsi 1000-1300 mg kalsium setiap hari untuk menjaga tulang sehat dan kuat.

Berolahraga Teratur

Kurangnya aktivitas fisik merupakan penyebab utama penuaan dini. Gaya hidup tidak aktif dapat dengan mudah menyebabkan kehilangan otot dan kelemahan dalam tubuh kita. Studi telah membuktikan bahwa orang yang berolahraga secara teratur lebih sedikit menghadapi kerusakan otot dan tulang yang juga membantu mereka tampak lebih muda. Berolahraga secara teratur dapat memperlambat proses penuaan hingga 30-40%. Salah satu rahasia terbaik anti aging adalah untuk melakukan beberapa jenis aktivitas fisik yang kuat selama kurang lebih 20 menit setiap hari untuk menjaga diri sehat dan muda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar