Senin, 14 Januari 2013

Penyakit Vetigo dan Penyebabnya

Vertigo adalah perasaan seolah-olah penderita bergerak atau berputar, atau seolah-olah benda disekitar penderita bergerak atau berputar, yang biasanya disertai dengan mual dan kehilangan keseimbangan. Vertigo dapat belangsung hanya beberapa saat atau dapat berlanjut hingga beberapa jam bahkan hari . Penderita kadang merasa lebih baik jika berbaring diam, tetapi vertigo dapat berlanjut meskipun penderita tidak bergerak sama sekali.

Tubuh merasakan posisi dan mengendalikan keseimbangan melalui organ keseimbangan yang terdapat di telinga bagian dalam. Organ ini memiliki saraf yang berhubungan dengan area tertentu di otak. Vertigo dapat dikarenakan oleh kelainan didalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak dan di dalam otaknya sendiri. Vertigo juga dapat berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba.

Berikut adalah penyebab umum yang memicu penyakit vertigo :

    Obat-obatan
    Keadaan lingkungan
    Kelainan pada telinga
    Kelainan sirkulasi
    Kelainan neurologis

Penderita merasa seolah – olah begerak atau berputar atau penderita merasakan seolah – olah benda di sekitarnya bergerak atau berputar.

Pengobatan tergantung kepada penyebabnya. Obat untuk mengurangi vertigo yang ringan adalah  meklizin, dimenhidrinat, perfenazin dan skopolamin. Skopolamin terutama berfungsi unuk mencegah motion sickness, yang terdapat dalam bentuk plester kulit dengan lama kerja selama beberapa hari. Semua obat diatas dapat menyebabkan kantuk, terutama pada usia lanjut. Skopolamin dalam bentuk plester menimbulkan efek kantuk yang paling sedikit. Untuk menjaga daya tahan tubuh anda agar tetap sehat, anda dapat mengkonsumsi multi vitamin secara rutin. Demikian artikel ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar